BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kerja Praktek merupakan bagian dari program studi bagi
mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Setelah Kerja Praktek, diharapkan setiap
mahasiswa memiliki pengetahuan tentang budaya kerja perusahaan yang sangat
diperlukan mahasiswa setelah menyelesaikan masa studinya dan diharapkan untuk
siap bekerja.
Dengan melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, terutama
pada bidang Pelayaran dan Perkapalan khususnya dalam bidang Motor Bakar yang ditandai dengan menambahkan
Mesin Diesel sebagai penggerak kapal.
Salah satu jenis penggerak mula yang
banyak dipakai adalah mesin kalor, yaitu mesin yang menggunakan energi termal
untuk melakukan kerja mekanik, energi termal tersebut diperoleh dari pembakaran
bahan bakar dan udara. Sebelumnya kapal hanya
mengandalkan layar sebagai penggerak kapal, fungsi dari Mesin Diesel sendiri adalah untuk menambah kecepatan kapal, hal ini
dapat menigkatkan efisiensi waktu dalam pengiriman barang.
Seiring berkembangnya teknologi tersebut, banyak industri-industri
yang mengembangkan teknologinya. Salah satu diantaranya adalah PT. BERSAMA
ABADI SETIA, yang merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang via laut terbesar di pelabuhan Sunda Kelapa.
Perkembangan teknologinya dilakukan dengan cara melakukan perbaikan-perbaikan Mesin Diesel untuk Mendapatkan
efisiensi kerja yang maksimal dan mengikuti perkembangan zaman.
Hal
inilah yang membuat penulis tertarik untuk menyusun penulisan ilmiah yang
berjudul “Proses Pembakaran Bahan Bakar Solar Mesin Diesel MITSUBISHI S12A2 Pada KLM Hati Buana Setia di PT. Bersama
Abadi Setia“.
1.2 Permasalahan
Dari permasalahan yang akan dibahas,
diberi batasan-batasan pada permasalahan tersebut, guna memperjelas bagian mana
dari persoalan yang akan dikaji, agar
tidak menyimpang dari topik permasalahan yang utama.
Persoalan yang akan dikaji Salah satu bagian dari Motor Bakar adalah Mesin
Diesel yang menggukan energi termal untuk menciptakan energi mekanik lalu
dihubungkan ke transmisi kemudian energi mekanik diteruskan ke output yaitu
baling-baling 4 daun.
1.3 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini hanya membahas bagian – bagian
berikut :
1.
Proses kerja pada Mesin diesel
2.
Contoh
perhitungan pada Mesin
Diesel
3.
Tidak membahas hasil test
pegujian pada saat kapal berlayar
1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Mengetahui tentang spesifikasi Mesin Diesel.
2.
Mengetahui urutan proses kerja
Mesin Diesel serta efisiensi kerja mekanik yang dihasilkan pada kapal
1.5 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan yaitu :
1.
Metode Survey
Yaitu proses untuk
mengumpulkan data atau informasi mengenai proses kerja motor bakar Diesel dengan
cara meninjau langsung ke lapangan.
2.
Metode Interview
Metode ini dilakukan untuk memperoleh data dan informasi
dengan cara mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pembimbing ataupun
kepada Anak Buah Kapal (ABK).
3.
Metode penelusuran literatur
Yaitu dengan
mempelajari literatur – literatur dari buku pendukung tentang motor bakar
khususnya Mesin Diesel yang digunakan dan website yang berhubungan dengan
penelitian.
1.6 Sistematika
Penulisan
Dalam penyusunan Penelitian Ilmiah ini, penyusun
memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi. Pembagian bab – bab tersebut
adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan mulai latar belakang masalah,
permasalah, pembatasan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian dan
sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang penjelasan
teori-teori dasar yang berkaitan dengan Mesin Diesel seperti mesin yang
digunakan pada kapal serta proses kerja serta memuat semua hal yang menunjang
pengamatan.
BAB III PROSES KERJA MESIN DIESEL
Pada bab ini akan dibahas mengenai proses
kerja pada Mesin Diesel dan type mesin yang digunakan pada kapal.
BAB IV KESIMPULAN
Bab ini membahas kesimpulan
dari hasil penelitian pada saat melakukan kerja praktek di PT. BERSAMA ABADI
SETIA. Dengan memperhatikan poin-poin pembahasan sehingga dapat menyimpulkan
kajian-kajian teori yang didapat.
BAB IV
KESIMPULAN
4.1 Kesimpulan
Beberapa
kesimpulan yang dapat disampaikan berdasarkan hasil pengamatan dilapangan
adalah sebagai berikut :
1. Setelah adanya pengamatan, proses pembakaran bahan bakar motor diesel yang dilakukan pada mesin Mitsubishi S12A2 yaitu menghasilkan 1 kali pembakaran pada empat kali langkah
piston atau dua kali putaran crank shaft.
2. Proses pembakaran Motor
Diesel adalah : Proses Udara dan bahan bakar yang
dipanaskan secara bersamaan menghasilkan pembakaran, yang kemudian menghasilkan
gaya yang dibutuhkan untuk memutarkan engine. Oksigen yang terdapat pada
udara diperlukan untuk membakar bahan bakar, yang kemudian menciptakan gaya.
Bila dikabutkan, bahan bakar diesel akan mudah terbakar secara efisien. Proses
pembakaran terjadi pada saat campuran bahan bakar dan udara sudah cukup panas
untuk disulut. Ia harus terbakar cepat dan terkontrol untuk menghasilkan energi
panas yang paling tinggi. Intinya : Udara + Bahan bakar + Panas = Pembakaran
3.
Untuk meningkatkan performa
dari mesin diesel salah satunya dengan menggunakan Turbocharger, untuk memampatkan udara pembakaran sehingga
dihasilkan tenaga yang besaryang selanjutnya dieskpansikan di turbocharger sisi
turbin sehingga menghasilkan energi mekanik yang selanjutnya digunakan sebagai
tenaga untuk memutar turbocharger di sisi blower. Dengan adanya blower di sisi
intake udara pembakaran akan semakin besar disisi intake manifold pada mesin
diesel.
4.
Peran penting Injection Pump pada
mesin diesel salah satunya agar pengkabutan yang dihasilkan injektor dapat
menciptakan ledakan di dalam ruang bakar secara maksimal. Karena, hal ini dapat
berpengaruh terhadap torsi yang dihasilkan mesin diesel.
4.2 Saran
Perhatikan
kerja sama pada saat bekerja harus ditingkatkan lagi demi mendapatkan hasil pengamatan
yang memuaskan. Dibutuhkan juga ABK (Anak Buah Kapal) & Kapten yang sudah benar – benar ahli dalam bidang
Motor Diesel Kapal, agar tidak ada
masalah sangat mesin kapal dioperasikan. Dan perhatikan keselamatan kerja pada saat bekerja serta ikuti standar – standar yang sudah diberikan.
Sumber :
[1] Spesifikasi Mesin
Diesel Mitsubishi S12A2
http://www.krippa.com/images/Mitsubishi-Diesel-Engines-Specification-Sheet-for-Mitsubishi-S16R-Y2PTAW2-1-Automobile-Parts-PDF-File-Preview.png
, diakses tanggal 10 Juni 2013.
[2] Prinsip kerja motor bakar
diesel
http://cintateknologii.blogspot.com/2013/05/mengenali-cara-kerja-mesin-4-tak.html
, diakses tanggal 10 Juni 2013.
[3] Wiranto
Arismunandar, Koichi Tsuda, 1975, Motor Diesel Putaran Tinggi, Tokyo, Japan.
[4] Spesifikasi
Mesin Mitsubishi S12A2
[5] Prinsip Kerja Turbocharger
http://www.metrotvnews.com/otomotif/read/2013/01/02/15/119854/Mengenal-Prinsip-Kerja-Turbo-dan-Supercharger
, diakses tanggal 15 Juni 2013.
[6] Gambar
Turbocharger
Tidak ada komentar:
Posting Komentar