Perbedaan mendasar dari Ban Bias dan Radial terletak pada susunan benang yang mengikat, berikut perbedaan detailnya sebagai berikut :
Perbedaan ban bias dan ban radial
Ban pada dasarnya diklasifikasikan ke dalam dua struktur sebagai berikut:
Struktur Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.
Struktur Radial
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.
Selain itu terdapat lagi jenis ban di lihat dari penggunaan ban dalam maupun tanpa menggunakan ban dalam
Kelebihan dan kekurangan ban dengan ban dalam (Tube type)
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Lebih murah daripada ban tubeless
|
Kurang praktis dalam pemasangan sehinggan merepotkan bila ingin menambal maupun mengganti ban
|
Udara lebih lama bertahan (tidak cepat habis)
|
Bila terkena paku akan langsung habis anginnya sehingga tidak dapat di bawa jalan ke bengkel
|
Lebih mudah mendeteksi kebocoran
|
Mudah meledak
|
Dapat digunakan untuk pelek yang sudah tidak kedap atau rusak
|
Kurang nyaman/keras
|
Kelebihan dan kekurangan ban tanpa ban dalam (Tubeless)
Kelebihan
|
kekurangan
|
Lebih aman karena udara tidak langsung habis ketika terkena paku
|
Harga relatif mahal
|
Lebih praktis dalam pemasangan maupun penambalan
|
Sulit untuk mendeteksi kebocoran
|
Lebih nyaman/lembut
|
Bila pelek ada kerusakan maka ban rentan bocor
|
Beberapa istilah dalam perbedaan struktur ban
1. Tread adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
2. Breaker dan Belt adalah bagian lapisan benang ( pada ban biasa terbuat dari tekstil , sedang ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan diantara tread dan Casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
3. Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
4. Bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada Pelek.
Tabel Konversi Ply Rating dengan Load Range
PLY RATING
|
LOAD RANGE
|
PLY RATING
|
LOAD RANGE
|
2
|
A
|
14
|
G
|
4
|
B
|
16
|
H
|
6
|
C
|
18
|
J
|
8
|
D
|
20
|
L
|
10
|
E
|
22
|
M
|
12
|
F
|
24
|
N
|
Tabel Indeks Beban dan Kapasitas Pembebanan
Tabel indeks beban adalah kode numerik yang menunjukkan kapasitas maksimum pembebanan pada kecepatan tertentu, sesuai dengan spesifikasi ban tersebut dalam standar, sampai dengan kecepatan 210 km/jam, bila melebihi kecepatan 210 km/jam, kapasitas pembebanan maksimum harus dikurangi sesuai dengan standar yang berlaku.
INDEKS BEBAN
|
KG
|
INDEKS BEBAN
|
KG
|
70
|
335
|
100
|
800
|
71
|
345
|
101
|
825
|
72
|
355
|
102
|
850
|
73
|
365
|
103
|
875
|
74
|
375
|
104
|
900
|
75
|
387
|
105
|
925
|
76
|
400
|
106
|
950
|
77
|
412
|
107
|
975
|
78
|
425
|
108
|
1000
|
79
|
437
|
109
|
1030
|
80
|
450
|
110
|
1060
|
81
|
462
|
111
|
1090
|
82
|
475
|
112
|
1120
|
83
|
487
|
113
|
1150
|
84
|
500
|
114
|
1180
|
85
|
515
|
115
|
1215
|
86
|
530
|
116
|
1250
|
87
|
545
|
117
|
1285
|
88
|
560
|
118
|
1320
|
89
|
580
|
119
|
1360
|
90
|
600
|
120
|
1400
|
91
|
615
|
121
|
1450
|
92
|
630
|
122
|
1500
|
93
|
650
|
123
|
1550
|
94
|
670
|
124
|
1600
|
95
|
690
|
125
|
1700
|
96
|
710
|
126
|
1750
|
97
|
730
|
127
|
1800
|
98
|
750
|
128
|
1850
|
99
|
775
|
129
|
1900
|
Simbol Kecepatan
Simbol kecepatan adalah simbol (huruf alfabet) yang menunjukan batas maksimum kecepatan sebuah ban yang dipacu dengan membawa beban yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam standar, selama 1 (satu) jam terus menerus.
SIMBOL KECEPATAN
|
KECEPATAN
(KM/JAM)
|
SIMBOL KECEPATAN
|
KECEPATAN
(KM/JAM)
|
A1
|
5
|
K
|
110
|
A2
|
10
|
L
|
120
|
A3
|
15
|
M
|
130
|
A4
|
20
|
N
|
140
|
A5
|
25
|
P
|
150
|
A6
|
30
|
Q
|
160
|
A7
|
35
|
R
|
170
|
A8
|
40
|
S
|
180
|
B
|
50
|
T
|
190
|
C
|
60
|
U
|
200
|
D
|
65
|
H
|
210
|
E
|
70
|
V
|
240
|
F
|
80
|
W
|
270
|
G
|
90
|
Y
|
300
|
J
|
100
|
Z
|
OVER 240
|
sumber :
http://www.bridgestone.co.id/tire-information_pengetahuan-ban.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar